Hari ini saya resmi berhenti menjadi dosen di Surya University. Rasanya cukup sedih ketika harus mengakhiri petualangan di tempat kerja yang akhirnya beneran “klik” dengan saya. Serius, 3 kali menjadi karyawan, baru kali ini saya benar-benar kerasan, bahkan ini pertama kali saya 2x menjalankan puasa Ramadhan di tempat kerja yang sama, haha. Namun, karena 1 dan lain hal (tidak akan saya ceritakan di sini, cukup orang-orang terdekat saja yang tahu), akhirnya saya putuskan untuk berhenti.

Meski demikian, ada begitu banyak pengalaman seru yang saya dapatkan ketika mengabdi di sana. Lebih penting lagi, saya baru tahu kalau ternyata saya bisa mengajar. Paling tidak, saya tidak pernah dipanggil oleh kaprodi karena ada mahasiswa yang keberatan dengan cara saya mengajar ;) Sementara itu, rekan-rekan kerja di jurusan saya juga ternyata luar biasa. Saya jadi belajar banyak dari mereka. Karena semua PhD, saya langsung jadi merasa bodoh, paling bodoh. Which is always good. Meski demikian, mereka adalah orang-orang yang rendah hati, masih mau berdiskusi dan tidak pelit ilmu. Rasanya, mereka jadi orang-orang yang influensial di hidup saya.

Bertemu dan berinteraksi dengan mahasiswa juga sebenarnya pengalaman tersendiri. Kelakuannya macam-macam, dari mulai yang pinternya nggak karuan, hingga yang kelakuannya ajaib. Sekali lagi, saya merasa beruntung bisa melihat dari dekat, wajah-wajah calon penerus bangsa di masa depan. Ya semoga saja yang saya ajarkan bisa paling tidak menempel dan berguna di kehidupan mereka, walau mungkin hanya 0,1%.

Lalu, setelah ini mau ke mana? Nampaknya mulai tahun depan, saya akan banyak sekali bolak-balik Jakarta-Bandung. Di Bandung, tentu saja, saya perlu mencurahkan lebih banyak waktu untuk Labtek Indie. Perlu ada usaha lebih untuk menggenjot pertumbuhan perusahaan kecil ini. Saya rasa, sebagian besar peran saya akan jatuh di sisi development. Meski, tentu saja, pasti akan lebih banyak dari itu.

Sementara di Jakarta, saya sudah berkongsi dengan teman-teman dari Froyo untuk membidani kelahiran Framework, sebuah unit bisnis baru yang fokus pada pemberian pelatihan dan workshop terutama di bidang IT. Besok, kita akan mengadakan workshop pertama kita, yang mengambil topik WebVR. Saya rasa, saya sudah terlanjur jatuh cinta pada kegiatan mengajar, sehingga ini bisa jadi pencurahan tenaga yang menyenangkan.

All in all, 2,5 tahun belakangan ini sudah jadi sangat menyenangkan. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada semua orang yang saya temui selama bekerja di Surya University. Kini, saya tidak sabar memulai kegiatan baru dan berinteraksi dengan dunia baru.

Tabik!

Digital product maker. Do design and code just to see pixels give real-world values. Cyclist + Gamer + Metalhead. Also, proud dad and husband.

Digital product maker. Do design and code just to see pixels give real-world values. Cyclist + Gamer + Metalhead. Also, proud dad and husband.