Yang namanya rejeki, memang arahnya tidak bisa diduga. Saat sedang kesulitan keuangan seperti ini, tiba-tiba saja dapat proyek dari Benua Kangguru. Dapatnya juga terhitung mudah: lihat iklan di salah satu situs creative coding yang saya gemari, buka tautannya, isi formulir, 2 minggu kemudian diwawancara via Skype, 1 minggu kemudian resmi bergabung sebagai freelancer jarak jauh.

Ketika negosiasi kontrak, saya mulai menghitung-hitung, berapa “kekayaan” yang bisa saya kumpulkan. Patokannya, kurs Rupiah terhadap Dolar Australia saat itu. Saya tawarkan harga, kami pun menemukan kesepakatan. Pekerjaan pun dimulai. Seru sekali, tapi saya belum ingin menceritakan secara detail di sini. Nanti saja :)

H-1 sebelum pelunasan invoice tahap pertama, saya kembali menghitung kurs. “Wah, bisa dapat lebih besar dari yang pertama kali dibayangkan nih”. Maklum, Rupiah sedang melemah sekali. Lebihnya lumayan, bisa buat beliin mainan anak.

Hari H pelunasan, rupiah menguat, jauh, dan saya kena getahnya.

Berarti rejeki saya ya memang segitu saja. Jadi pelajaran, mungkin besok-besok kalau ada pekerjaan serupa, bisa ditambahkan “biaya tidak terduga” :)

Digital product maker. Do design and code just to see pixels give real-world values. Cyclist + Gamer + Metalhead. Also, proud dad and husband.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store